Sabtu, 29 September 2018

Review Electro Cauter di Tiphara Biocosmetic Solo

Hai ! Apa kabar ?

Kali ini aku mau cerita soal pengalaman aku electro cauter di Tiphara Solo buat ngilangin keratosis ku yang cukup banyak di bagian mata dan pipi. Keratosis tuh apasih ? Nah keratosisku tuh termasuk keratosis seboroik. Keratosis seboroik merupakan suatu lesi jinak pada permukaan kulit yang mempunyai bentuk seperti tahi lalat dan disebabkan oleh proliferasi keratinosit epidermal. Penyebab pasti dari keratosis seboroik belum diketahui. Ada pendapat yang mengatakan bahwa faktor keturunan memegang peranan penting. Pada individu yang mempunyai predisposisi genetik, pembentukan keratosis seboroik juga dapat dipacu oleh kerusakan aktinik ( actinic damage ) dan kadang kadang bentuk lesi kulit yang lain seperti drug eruption. Ada pula yang mengatakan bahwa terpapar sinar matahari secara kronis yang menjadi penyebabnya. Proses terjadinya disebabkan oleh efek kumulasi dari energi radiasi sinar matahari. sebagian besar kasus menyerang mareka yang berkulit putih dan terpapar sinar matahari. Kebetulan Ibu dan Bapakku punya keratosis jadi nggak heran kalo aku juga ada. 

source : https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-keratosis-seboroik/13691/2

Sebelum perawatan terlebih dahulu konsul, dokter yang menanganiku di Tiphara namanya Dr. Ramon Otto, ramah dan helpfull banget jadi kalo mau nanya - nanya enak serasa ngobrol sama temen sendiri. Keratosisku ada dimuka dan juga dileher tapi kali ini aku mau fokusin dulu di bagian wajah terutama di mata karena mengganggu banget. Karena lagi jerawatan parah sekalian facial disini, biar bisa bedain jerawat atau keratosis haha. Selanjutnya bayar dulu dikasir baru dikasih kartu bertuliskan perawatan apa aja yang mau diambil. Pas bayar kaget banget karena ini termasuk murah banget ! habis 320 buat electro cauter, facial dan krimnya! Sebelum ke Tiphara aku uda survey ke LBC dan Elshe Skin untuk tau harganya, di LBC konsul sama dokter dikasih kisaran harga 600 ribu. Sedangkan di Elshe Skin sektitar  650 ribu untuk 25-30 titik saja sedangkan aku belum tau berapa titik keratosis yang ada dimukaku. Sebelumnya ada temenku, Dek Nadhila yang udah duluan cauter disini makanya ku pilih Tiphara Solo.

Pertama aku di facial dulu, lalu setelah selesai di masker mulailah di cek sama dokternya bagian mana yang akan di cauter. Ternyata cukup banyak area yang harus di cauter. Disini udah mulai pengen nangis karena Dokter Ramon bilang "yakin kuat nggak ?" Duh dok lututku rasanya langsung lemes tau nggak sih :( Pertama, sebelum di cauter diolesin krim anestesi biar nggak sakit terus didiemin sekitar 15-20 menit biar meresap. Begitu lihat area yang diolesin krim banyak banget rasanya pengen kabur aja. Buanyaaak banget Ya Allah! Setelah krimnya meresap lanjutlah ke pelaksanaan cauter. Begitu keratosisnya di sentuh pake alatnya tuh baunya kayak kebakar dan sensasinya agak ngagetin gitu. Agak perih - perih gitu dikulit karena pas proses cauter si keratosis ini dibakar dan 'dilukai' supaya keangkat. Waktu perawatannya sekitar 30 menit soalnya banyaaak banget untung nih Dokter Ramon suabarnya lebih - lebih jadi kalo aku mulai ngeluarin air mata diberhentiin dulu, dikasih tissue. Duh pengen salim rasanya kalo ketemu dokter yang sesabar ini :))

Setelah selesai cauter wajah masih panas rasanya dan perih cekit- cekit gituh. Lalu dikasih salep pink buat membantu ngeringin bekas cauter di wajah. Dan tetep dong habis cauter karena kelaperan nekat nge Mall pake masker demi mengisi perut. Aku makan di Solo Grand Mall daaan pas ku buka masker buat makan, Adella temen langsung ngakak. Kalimat pertama yang di ucapkan begitu lihat mukaku habis dicauter " Gilak banyak banget! Ku kira item - item dimukamu tuh bekas jerawat eh ternyata keratosis to" Dia masih geleng - geleng takjub melihat mukaku habis cauter. Yak! itu juga yang dulu aku ucapin ke diriku sendiri pas liet ada bintik - bintik hitam dimukaku karena ku kira itu bekas jerawat tapi anehnya kalo disentuh tuh timbul. Sorenya aku langsung balik ke Jogja naik kereta prameks tentu dengan pake masker dong biar nggak jadi sampah visual :D





AFTER CAUTER




DAY 1

Hal pertama yang diwanti - wanti begitu habis cauter adalah bakalan perih kalo kena air! Ini adalah testimoni beberapa temen yang udah pernah cauter. Waduh! Jadi ada alasan hemat air alias nggak mandi nih :D Tapi gimana dong kan harus wudhu. Akhirnya tetep mencoba dengan kemantapan hati buat nyentuh air, udah takut duluan bakalan perih banget kayak habis chemical peeling. Eh begitu wudhu nggak ada tuh perih atau gimana-gimana. Alhamdulillah nikmat Tuhan mana lagi yang engkau dustakan. Aku stop pemakaian facial foam, cream essence dll pokoknya pake air dulu deh biar aman dan NO MAKE UP PLS ! Kusem kucel sementara nggak apa-apalah kan demi sembuh. Oiya, jangan lupa kalo nyuci muka terutama bagian yang di cauter jangan digosok cukup dibasuh aja kayak kalo kamu males mandi dan cuma dielap pake waslap anget LOL. Dihari pertama bekas cauter masih serem karena belum sepenuhnya mengering jadi masih agak perih dikit, , aku rutinin pake salep yang dikasih dokter sehabis cuci muka / wudhu biar cepat kering.

DAY 2

hari kedua nggak jauh beda sama hari pertama tapi hari kedua nggak ada  perih ama sekali udah berani cuci muka dengan santai karena nggak ada drama bakalan 'sakit'. Bekas cauternya mulai menghitam karena udah mulai kering dan kalo dibasuh pake air ada sensasi agak kasar-kasar gituh. Dibagian mata aduhai banyak sekali ternyata ketika dihitung dikelopak mata kanan ada 15 titik sedangkan di kelopak mata kiri ada 21 titik. Keratosisnya memang agak mengganggu terutama kalo pas apply eyeshadow jadi nggak rata :(

DAY 3

Hari ini udah mulai berani keluar rumah tapi tetep aja pake masker dan nggak lupa pake sunblock. Bekasnya mulai mengering tapi belum kering sepenuhnya dan ini tangan udah gatel banget pengen ngeletekin 1/1. Aduh kalo nggak demi sembuh dari cauter tanpa bekas aku udah ngeletekin ini saking gemesnya.

DAY 4

Aku lupa pas cuci muka handukan dan ada beberapa yang kekelupas dengan sendirinya, agak perih gituh soalnya yang di bagian kelopak mata. Aku update status habis cauter dan temen-temenku heboh ngeliet bekasnya kok serem banget :D Sudah banyak yang ngelupas sendiri tanpa perlu di keletek.

DAY 5

Hari kelima sudah kering dan sudah mulai tergoda buat pake facial foam. Aku pake facial foam dibusain dulu jadi yang nempel ke kulit adalah busanya tetap tanpa ku gosok langsung ke muka. Masih nggak pake skincare atau make up tapi tetep dari hari pertama sudah pake sunblock. Pastilah ada rasa insecure pas keluar rumah nggak pake make up dan nggak pake skincare.

DAY 6 

Sudah mulai berani pakai pembersih muka, aku pakai facial wash ku The Saem dan Cleansing Water White Tea dari The Saem. Diwajahku alhamdulillah enggak perih tapi hari ke enam masih stop pakai skincare lain dan make up. Bekas - bekasnya sudah mulai mengelupas, tetap ku olesi cream dari dokter supaya cepat kering. Ada kejadian aneh pas aku turun dari mobil masih pakai masker, adekku teriak - teriak karena dimaskerku ada darahnya. Begitu ku buka maskernya ehhh ternyata sumber darahnya dari bekas cauter yang ada dideket mata. Perihhhhh banget rasanya langsung ku bersihin dan di tutup pake plester luka meskipun agak susah karena kecil dan letaknya dipojokan.

DAY 7

No Make Up Day! Udah berani lepas masker dan pede karena 70% sudah hilang + ketutup jilbab sebenernya. Sudah nggak perih- perih dan sudah terbiasa aja pakai facial wash + cleansing water The Saem tapi masih no skincare dan make up cuma pakai sunblock + liptint biar g pucat. Dan disinilah pengen nangis lagi karena pas dari Alfamart mba kasirnya ngasih tissue dikira aku nangis darah. Bekas kemarin yang ngeluarin darah sekarang juga ngeluarin darah dan lumayan banyak karena bener - bener sampe netes kayak air mata gituh :( Tapi untungnya habis itu udah nggak keluar lagi, bagian deket mata tetep ku kasih creamnya.

Dan sekarang alhamdulillah sudah ada hasilnya, sudah terbebas dari siksa bekas - bekas cauter yang menyiksa haha. Hasilnya oke banget dan keratosisku hilang. Saranku sebelum melakukan electro cauter cari info sebanyak - banyaknya. boleh bandingin klinik satu dan lainnya supaya dapet referensi dan harga yang pas menurut kalian. Dokter Ramon juga menyarankan supaya tetep rajin apply sunblock kalo mau beraktivitas penting banget supaya keratosis nggak balik lagi dan kulit terlindungi. Sekian review aku tentang electro cauter yang aku lakuin, semoga membantu :))



TIPHARA BIOCOSMETIC

Alamat : Jl. Gajahmada No.57, Punggawan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah 57132 (Seberang Hotel Sahid Jaya Surakarta)
Office Hours : 9 am - 7 pm
Telp : (0271) 742428
RATE : 4,5/5 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW BEAUTY : BIORE UV AQUA RICH WATERY ESSENCE SPF 50

Hai Hai! Kali ini aku mau review sunblock favoritku yaitu si biru Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50. Sunblock dengan kandungan SPF...