Senin, 04 Juni 2018

Sharing Beauty : Sunburn dan Pentingnya memakai Sunblock

Hai!
Akhir - akhir ini banyak yang membicarakan mengenai kanker melanoma (kanker kulit)  setelah menantu Pak Hatta Rajasa, Adara Taista meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit tersebut. Kanker kulit bukanlah hal sepele dan konon katanya kanker ini belum ada obatnya. 


Berikut 7 ciri orang yang rentan terkena kanker kulit : 

  • Memiliki kulit yang cerah, rambut yang cerah dan mempunyai bintik - bintik dikulit
  • Ada keturunan kanker kulit
  • Adanya tahi lalat yang berwarna aneh, gatal, berdarah, bersisik, bentuknya tidak teratur dan besar, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter
  • Ada riwayat kanker kulit
  • Punya sistem imun yang lemah
  • Melanoma biasa menyerang wanita di usia di bawah 30 tahun. Selain itu, kanker ini juga rentan menyerang pria dengan usia 50 tahun ke atas.
  • Sering terpapar sinar matahari tanpa memakai sunblock
(Dikutip dari Grid)

SUNBLOCK adalah sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia padahal Indonesia adalah negara tropis dengan paparan sinar matahari yang cukup terik. Kesadaran memakai sunblock masih sangat rendah, hal itu pula yang terjadi kepadaku. Cuaca di Jogja sangat panas dan nggak bersahabat, kesalahan terbesarku main ke pantai tanpa sunblock, naik motor tanpa pakai sarung tangan atau sekadar menjemur pakaian di lantai 3 tanpa pakai lotion karena habis mandi langsung ngacir naik tangga jemur baju mumpung panas. Ternyata oh ternyata kebiasaan ini punya dampak buruk lho girls! Tanganku terbakar / sunburn serta ada bintik - bintik yang lumayan parah. Gen Asia mungkin memang berbeda dengan gen bule yang sering punya freckles atau bintik - bintik cokelat akibat bahaya paparan sinar matahari tapi jangan salah ternyata kita orang Asia pun punya kemungkinan kena bintik - bintik cokelat akibat terlalu lama kena paparan sinar matahari tanpa memakai pelindung. Ada trend make up freckles yang dianggap unyu karena terkesan awet muda tetapi kalo freckles ditangan itu mengganggu dan bisa berbahaya buat kulit. Awalnya nih hanya ada bintik - bintik merah yang aku kira itu akibat alergi pada suatu makanan tetapi lama kelamaan menjadi bintik - bintik cokelat :(




Pengobatan yang aku lakukan saat ini pakai sunblock : parasol spf 30 lalu berganti dengan vaseline healthy sunblock spf 30, pakai sarung tangan dan menghindari panas matahari ekstrim. Parasolku habis dan aku nggak terlalu suka tekstur serta baunya lalu aku beralih ke vaseline warna orange ini, harganya sekitar 30-40ribu tergantung dimana belinya. Aku beli di Watson Solo Paragon 34ribu, di Indomaret 37ribu di Mirota Jogja 32ribu. Si Vaseline orange ini bertekstur lebih thick seperti kebanyakan sunblock. Kalian bisa pakai sunblock atau suncream apapun, aku pake ini karena harganya terjangkau dan baunya fresh tidak menyengat,  sebenarnya aku lebih suka sunblock yang non parfumed.  First impression pas pakai si orange ini diluar ekspektasi. Dulu aku nggak begitu suka sama bau produk Vaselin tapi sunblock ini beda baunya citrus sama sekali nggak mengganggu penciuman jadi aman - aman saja aku pakai, teksturnya memang thick cepat menyerap sehingga nggak licin dikulit. Kata BA di Watson sebaiknya untuk sunblock diaplikasikan kembali 2 jam sekali terutama jika digunakan untuk outdoor activity.

So, jangan pernah lupa pakai lotion/ sunblock baik di wajah atau badan terutama area yang terekspos cahaya matahari supaya kulit kamu terproteksi ya. Oiya yang hobi naik motor kayak aku jangan lupa pakai sarung tangan biar kulitnya enggak belang. Lebih baik mencegah dari pada mengobati karena proses untuk kembali kekulit semula lumayan lama apalagi kalo daerah yang bermasalah cukup luas. 

Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Yuk perhatiin cara mencegah kanker kulit (melanoma) berikut:

  1. Memeriksa kondisi tahi lalat
  2. Hindari terik matahari langsung
  3. Selalu memakai tabir surya / sunblock ketika berada diluar ruangan
  4. Cukupi asupan nutrisi untuk kulit dan jangan memakai kosmetik berlebihan


 Ada yang terkena sunburn juga ? yuk share pengamalan kalian ;)


Salam,

Lufy  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW BEAUTY : BIORE UV AQUA RICH WATERY ESSENCE SPF 50

Hai Hai! Kali ini aku mau review sunblock favoritku yaitu si biru Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50. Sunblock dengan kandungan SPF...