Sabtu, 29 November 2014

10 MANFAAT PERMAINAN TRADISIONAL


Permainan Tradisional yang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan permainan modern melalui PS, PSP, Nitendo, game online, maupun game-game di arena permainan yang tersebar dimall. Ayo kembali bermainan tradisional yang mudah dan murah. Tak perlu harus ke mall untuk bermain ke mall cukup lihat sekitar anda dan banyak hal yang bisa dijadikan sarana permainan. Plus lagi permainan tradisional ini mempunyai banyak manfaat diantaranya :

    1.  Melatih Kreativitas

Permainan tradisional bisa melatih kreativitas seorang anak, apa saja bisa dijadikan mainan, misalnya hanya bermodal karet gelang atau tali bisa bermain lompat tali untuk bersama-sama. Kulit jeruk yang bisa dikreasikan menjadi mobil-mobilan, perahu atau pelepah pisang yang bisa dijadikan kuda atau senapan, serta masih banyak lagi yang bisa dilakukan. Dengan berbagai macam kreasi yang tidak terbatas tersebut tentu saja akan membuat seorang anak bisa menjadi kreatif. Permainan tradisional dapat membantu perkembangan otak anak menjadi lebih pintar dan kreatif dalam pelajaran disekolah maupun dalam kehidupan sehari-harinya.

         2.  Punya banyak teman

Anak yang bermain permainan tradisional akan lebih mudah bersosialisasi dengan teman-temannya. Dengan bermain bersama anak akan memiliki banyak teman sebaya dibandingkan dengan anak yang hanya berkutat dengan game digadgetnya. Apalagi memang kebanyakan permainan tradisional lebih seru jika dimainkan dengan banyak orang. Permainan tradisional juga membuat seorang anak lebih pandai bergaul, bersosialisasi serta berinteraksi dengan anak-anak lain dilingkungannya.

         3.  Emosi lebih stabil

Emosi anak yang bermain permainan tradisional emosinya lebih stabil dan tidak mudah stress karena gembira menikmati permainan. Anak-anak dapat bergerak aktif dan bersosialisasi diluar ruangan dengan banyak temannya. Berbeda dengan anak yang terbiasa bermain game digadgetnya akan mudah terbawa emosi dan cenderung bersikap egois.

        4.  Melatih kerjasama tim

Dalam permainan tradisional lebih sering dimainkan dengan beregu , hal ini dapat melatih kerjasama dalam tim untuk menyusun strategi dan langkah yang akan diambil supaya memenangkan permainan. Dalam permainan beregu anak akan diajak kerjasama dalam permainan dan menekankan bahwa menang kalah adalah hasil kerja bersama. Hal inilah yang mampu meredam sikap egois.

        5.  Menyehatkan

Pernah melihat permainan tradisional hanya duduk saja? Memenceti tombol-tombol? Tentu hal ini tidak akan ditemukan karena sejatinya permainan tradisional diciptakan supaya anak selalu aktif bergerak, cepat, tangkas dan gesit. Bonus yang akan didapatkan tubuh menjadi sehat dan berkembang dengan baik. 

        6. Berlatih bekerja keras

Bukan berarti dlaam permainan tradisional anak akan diajarkan halhal keras. Tapi anak diajarkan untuk bekerja keras dalam hal memenangi permainan dengan cara sportif. Bila ia kalah ia akan berusaha keras untuk dapat menguasai permainan dna terus mencobanya hingga mampu menang.

        7. Belajar sportif

Permainan tradisional melatih seorang anak menjadi lebih sportif  dalam mengakui kekalahan dalam permainan, bersedia mengakui pelanggaran yang telah dia lakukan maupun meminta maaf ketika menyenggol temannya hingga terjatuh. Anak diajarkan untuk selalu bersikap sportif dan tidak melakukan kecurangan untuk menang. Hal ini harus ditanamkan kepada anak sejak dini salah satunya dengan permainan tradisional.

        8.  Bermental bagus dan percaya diri

Dengan bermain permainan tradisional anak akan bersosialisasi dengan banyak teman yang mungkin saja tidak dikenalnya sehingga akan memupuk jiwa berani dan menghilangkan jiwa pemalu karena sudah terbiasa bersosialisasi. Mental anak akan kuat dan berani menghadapi tantangan.

  9.  Mengembangkan Logika

Banyak sekali permainan Tradisional yang mengharuskan para pemainnya berupaya mengatur dan menyusun strategi. Ini semua dilakukan atau dipraktekkan secara langsung bagaimana cara untuk memperoleh kemenangan, baik kemenangan untuk dirinya maupun kelompoknya.

  10.  Melatih motorik

Kebanyakan permainan tradisional dilakukan di luar ruangan, maka motorik anak harus terlatih pada saat memainkannya. Dari berbagai permainan yang telah disebutkan di atas, rata-rata membutuhkan gerakan berlari dan melompat seperti bermain tap benteng (bentengan) dan bermain lompat karet.

Sudah tahu manfaatnya kan? Yuk bermain permainan tradisional dan lestarikan budaya kita ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REVIEW BEAUTY : BIORE UV AQUA RICH WATERY ESSENCE SPF 50

Hai Hai! Kali ini aku mau review sunblock favoritku yaitu si biru Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50. Sunblock dengan kandungan SPF...